5 Wasit Terbaik Dunia Yang Tak Akan Terlupakan Sepanjang Sejarah

Wasit Terbaik Dunia

Pertandingan sepak bola tidak akan pernah berjalan lancar tanpa adanya Wasit. Mengemban tugas sebagai hakim dalam pertandingan sepak bola, tugasnya sederhana. Namun tanggung jawab yang dipikul sangat besar. Penasaran siapa sajakah wasit yang pernah berkecimpung di ajang dunia. Berikut ini telah dirangkum  dalam wasit terbaik dunia.

1.  Markus Merk

Terlahir sebagai seorang pemuda berkebangsaan Jerman pada 15 Maret 1962. Kota kelahiran berada di Kaiserslautern, jerman. Selain mengemban tugas sebagai wasit, pria satu ini juga bekerja sebagai dokter gigi, jangan terkejut. Penobatannya sebagai wasit internasional terjadi pada tahun 1992.

Berdasarkan penilaian yang ada dirinya mampu menduduki peringkat kedua sebagai wasit terbaik dunia sepanjang tahun 1987 sampai dengan 2009. Hebat bukan, pastilah peringkat yang ia duduki tak lain dan juga tak bukan karena usahanya berkecimpung adil di ranah lapangan sepak bola. Pantas saja bila dirinya  memiliki fans besar.

Pria berkelahiran Jerman ini sempat memandu beberapa pertandingan. Beberapa diantaranya, Olimpiade Barcelona 1992, kejuaraan Eropa UEFA 2000, Piala Dunia FiFA 2002, Piala Konfederasi FIFA 2003, Kejuaraan Eropa UEFA 2004, dan Piala Dunia FIFA 2006. Sosoknya yang terkenal adil membuat dirinya acap kali dipanggil sebagai wasit di ajang bergengsi.

READ  6 Kiper Muda Terbaik Dengan Nilai Transfer Fantastis

2. Kim Milton Nielsen

Pria berkelahiran Kopenhagen, Denmark 3 Agustus 1960 menjadi wasit terbaik tingkat  dunia selanjutnya. Dinobatkan sebagai wasit internasional pada tahun 1988 kemudian pensiun pada tahun 2006 dikarenakan faktor usia. Menjadi seorang wasit khususnya tingkat internasional, memiliki kriteria tersendiri. Dengan penambahan usia dirinya juga harus merelakan kedudukan sebagai wasit.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa, pria berusia 60 tahun ini, selain mengemban kedudukan sebagai wasit lapangan dirinya juga bekerja sebagai Manager IT di salah satu perusahaan terkemuka. Awal mula Kim Milton Nielsen berkecimpun sebagai wasit, adalah ketika dirinya berusia 15 tahun yang penasaran terhadap Laws Of The Game.

Dalam urutan dunia sosok Kim Milton Nielesen menduduki peringkat ke 3 terbaik. Beberapa pertandingan yang pernah dipandunya yakni, Kejuaraan Remaja Dunia FIFA 1993, Kejuaraan Eropa UEFA 1996, 2000,2004. Selain itu juga pernah menjadi wasit pada Piala Carlsberg 2000. Dan juga masih ada beberapa pertandingan bergengsi lainya.

READ  Daftar Gelandang Terbaik Dunia yang masih Berjaya

3. Sandor Puhl

Pria berkelahiran 14 Juli 1955 ini merupakan mantan wasit hebat dunia. Kiprahnya di lapangan sepak bola membuatnya pernah memenangkan beberapa penghargaan, bahkan pernah menyandang status sebagai wasit terbaik. Debutnya terkenal kali pertama melalui  ajang Piala Dunia FIFA 1994 dimana Amerika Serikat berkedudukan sebagai tuan rumah.

Pria berkebangsaan Hungaria ini, terpilih menjadi wasit terbaik selama empat kali berturut turut pada tahun 1994 sampai dengan 1997. Karirnya sebagai wasit memang putus saat pensiun, akan tetapi kiprahnya tidak. Selesai berhenti menjadi wasit, dia menjabat sebagai Wakil ketua Asosiasi Hungaria mulai tahun 2000-2006.

4. Howard Webb

Wasit dengan kepala plontos kali ini pasti sering muncul pada layar televisi di rumah. Dialah sosok Howard Webb yang berkedudukan sebagai wasit internasional semenjak 16 tahun yang lalu. Berkelahiran pada 14 Juli 1971, tepatnya di Rotherham Yorkshire Selatan. Pria dengan tubuh kekar ini dulunya merupakan seorang petugas kepolisian asal Inggris.

READ  Ini 5 Bek Timnas Belanda Terbaru Musim Ini

Beberapa turnamen yang pernah dipimpinnya adalah kejuaraan sepak bola U-21 eropa UEFA 2006. Selain itu juga kejuaraan Eropa serta FIFA lainya. Pada Piala Dunia FIFA  tahun 2010 la terpilih untuk memimpin pertandingan final. Sebanyak 13 kartu kuning dan 1 kartu merah  dikeluarkan ketika Belanda bertemu Spanyol.

5. Pierlugi Collina

Wasit selanjutnya yang juga menjadi kebanggan dunia adalah Pierluigi Collina. pria berkebangsaan Italia yang terlahir pada 13 Februari 1960. Pekerjaanya secara umum adalah seorang penasehat keuangan, namun juga dinobatkan sebagai wasit terbaik dunia sebelum pada akhirnya dirinya mengundurkan diri. Pria dengan julukan Kojak ini pernah memimpin pertandingan sebanyak 43 saat Serie A.

Itu dia tadi beberapa wasit terbaik dunia yang kiprahnya masih dikenang hingga sekarang. Suatu kebaikan memanglah akan selalu membekas, maka dari itu rajinlah berbuat baik. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Johanes Monty