5 Kompetisi Sepak Bola Indonesia yang Wajib Ditonton

Kompetisi Sepak Bola Indonesia

Permainan sepakbola memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Jenis olahraga ini sangat populer dan cukup mendapat banyak perhatian. Antusias yang ada juga membuat sejumlah lembaga membuat kompetisi sepak bola Indonesia yang bisa dinikmati dan diikuti oleh tim-tim lokal. Kompetisi-kompetisi ini ada yang diadakan secara regional dan juga nasional,

Kompetisi-kompetisi ini membentuk liga-liga besar yang menarik banyak penonton. Keseruan dan kondusifitas terus dijaga agar tidak ada pertikaian antar suporter. Adanya liga dan kompetisi ini juga membangkit kan pembangunan akan sarana prasarana oleh raga sepak bola. Beberapa contohnya adalah  seperti renovasi dan pembangunan stadion baru.

Sejarah Kompetisi Sepak Bola Di Indonesia

Sejarah kompetisi sepak bola Indonesia telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Kompetisi resmi pertama yang digelar cukup baik adalah Kompetisi GALATAMA (Liga Sepak Bola Utama) yang diperkenalkan pada tahun 1980-an. Kompetisi ini merupakan cikal bakal kompetensi profesional yang dilakukan di Indonesia.

Kemudian setelah PSSI terbentuk kompetisi-kompetisi sepak bola mengalami pembaharuan sejak 2008. Kompetisi-kompetisi ini terus mengalami perubahan dan beberapa masalah karena mulai masuk nya unsur politik dan adanya dualisme di tubuh PSSI. Namun sejumlah kompetisi besar tetap berjalan hingga saat ini. Kompetisi-kompetisi ini memiliki dampak bagi klub-klub lokal untuk berkembang melalui pertandingan.

READ  Daftar Gelandang Terbaik Dunia yang masih Berjaya

Kompetisi-Kompetisi Sepak Bola Yang di Gelar di Indonesia

Kejuaraan bola di Indonesia digelar oleh berbagai pihak. Mulai dari pihak swasta. Pejabat pemerintah hingga PSSI sudah mengadakan kompetisi sepak bola yang diikuti oleh klub-klub lokal. Gelaran ini juga memiliki banyak sponsor dan menarik banyak penonton. Berikut sejumlah kompetisi sepak bola Indonesia yang telah digelar

1.  Liga 1

Kompetisi yang dibentuk oleh PSSI ini telah berlangsung sejak 2008, ini dulunya bernama Liga Super Indonesia (ISL) dan di ganti menjadi Liga 1 pada tahun 2017. Kompetisi ini termasuk kedalam kompetisi professional terbesar di Indonesia. Sekitar 18 klub sepak bola Indonesia mengikuti kompetisi ini. Kompetisi ini juga banyak menerima sponsor besar yang nanti menjadi nama Liga 1 tiap tahunnya.

Kompetisi yang diatur oleh PT. Liga Indonesia Baru ini sudah melakukan kompetisi dengan standar FIFA. Kompetisi ini juga memberikan penghargaan pada pemain-pemain terbaik tiap tahun nya. Salah satu nama yang cukup sering memenangkan penghargaan adakah Boaz Solossa yang berasal dari klub Persipura, Jayapura. Ia telah memenangkan 3 penghargaan sepanjang gelaran Liga satu sejak 2008.

READ  Ini 5 Bek Timnas Belanda Terbaru Musim Ini

2.  Liga 2

Liga 2 merupakan degradasi Liga 1 dalam susunan sistem liga Indonesia. Gelaran ini masuk ke dalam kompetensi profesional yang cukup besar. Klub-klub teratas pada pertandingan ini dapat memiliki kesempatan untuk dipromosikan ke Liga 1 jika ada tim yang mengalami degradasi.

Kompetisi Liga 2 diikuti oleh 24 klub yang nantinya dibagi lagi menjadi grub besar berisi 12 klub tiap grupnya. Liga ini dilaksanakan di stadion-stadion yang ada di daerah klub-klub yang bermain. Sekitar ada 24 stadion yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan Liga 2. Tak jauh beda dengan Liga 1, Liga 2 juga menerima sponsor.

3.  Liga 3

Dan bagian dari sistem liga Indonesia yang terakhir adalah Liga 3. Liga 3 memiliki peraturan yang memang dibuat agar memiliki sistem yang lebih baik dari kompetisi amatir . Setiap tim nya bisa bermain 15 kali pertandingan selama semusim kompetisi. Liga 3 memiliki format pertandingan dengan beberapa putaran. Yaitu putaran provinsi, putaran pra-nasional, putaran regional dan putaran nasional. Tim yang berlaga dan berhasil menempati posisi teratas akan mendapat promosi ke Liga 2 jika ada grup yang degradasi.

READ  6 Kiper Muda Terbaik Dengan Nilai Transfer Fantastis

4.  Piala Presiden

 Piala Presiden pertama kali diadakan pada tahun 2015. Kompetisi ini awalnya diadakan untuk mengisi kekosongan kompetisi akibat Sanksi FIFA pada 2015. Kemudian pihak diluar PSSI yaitu Mahaka Sports and entertainment membuat kompetisi ini. Namun setelah musim 2015 kompetisi ini tetap berlanjut, menjadi kompetisi pra musim. Kompetisi ini awalnya diikuti oleh 16 klub kemudian pada pelaksanaan berikutnya terdapat 20 klub yang ikut serta.

5.  Piala Indonesia

Kompetisi Piala Indonesia merupakan pertandingan yang akan mempertemukan klub-klub yang bermain di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Total ada lebih dari 100 klub yang mengikuti kompetisi ini. Piala Indonesia juga menjadi salah satu ajang seleksi untuk memilih pemain yang akan bermain di kompetisi Piala AFC. Dalam pertandingan ini klub-klub dari masing-masing Liga dapat salin bertanding dan memenangkan kesempatan untuk berlaga di piala AFC.

Nah itulah sejumlah kompetisi sepak bola Indonesia yang digelar cukup konsisten tiap tahunnya. Namun pada tahun 2020 dikarenakan alasan pandemi sejumlah kompetisi mengalami pembatalan atau kemunduran jadwal pelaksanaan. Semoga tahun-tahun selanjutnya kompetisi tersebut dapat diadakan Kembali.

You May Also Like

About the Author: Johanes Monty